Kenali Kecenderungan Seseorang Memiliki Pemikiran Bunuh Diri

Artikel:  Arahma Fitri
Editor:  Fito Aji Setiawan
Design:  Reinaldy Fargo

Bunuh diri merupakan masalah yang kompleks sebab melibatkan banyak aspek seperti biologik, genetik, psikologik, sosial, budaya, dan lingkungan(1). Dilansir dari data yang dipublikasikan oleh WHO, hampir 800.000 orang meninggal akibat bunuh diri setiap tahunnya yang atau kurang lebih ada satu orang yang melakukan hal tersebut setiap detiknya(2). Kasus yang telah diangkat menjadi masalah kesehatan global ini menempati posisi ke-17 di tahun 2015 kemudian di tahun berikutnya naik sekitar 7 peringkat menempati posisi kesepuluh sebagai penyebab kematian tertinggi(2)(3).

Di Indonesia berdasarkan data pada tahun 2012 estimasi dari WHO yang dikutip oleh Kemenkes RI menunjukkan bahwa kejadian bunuh diri dapat mencapai 4,3% per 100.000 populasi dengan mayoritas korbannya ialah remaja hingga dewasa muda pada rentang usia 15–29 tahun(4). Survei dari Puslitbang di tahun 2015 mengemukakan presentase keinginan untuk melakukan tindakan bunuh diri pada remaja perempuan lebih besar dibandingkan dengan remaja laki-laki(5).

Meninjau tingginya kasus kejadian bunuh diri di dunia maupun Indonesia, maka alangkah baiknya melakukan deteksi dini dengan cara mengenali beberapa tanda dan gejala seseorang diperkirakan memiliki niat atau akan melakukan tindakan bunuh diri. Hal ini dilakukan bukan hanya semata-mata untuk menekan angka kematian serta mempercantik angka harapan hidup sebuah negara, tetapi juga mengabarkan bahwa hidup mereka terlalu berharga untuk diakhiri begitu saja. Setiap dari kita berhak membahagiakan orang lain dan mendapatkan kebahagiaan.

Merangkum dari berbagai sumber, sekiranya kita dapat mengetahui tanda dan gejala terkait kecenderungan atau keinginan untuk bunuh diri melalui hal-hal berikut:

  1. Obrolan (talk)

Kita dapat memberikan atensi lebih, ketika orang tersebut sering membicarakan:

  • Perasaannya seolah kehilangan harapan untuk hidup(6)
  • Merasa keberadaan dirinya justru selalu menyusahkan orang lain, seperti, “kamu sepertinya akan lebih baik nih kalau nggak ada aku.”(6)(7)
  • “Seandainya nanti aku mati, kamu rindu nggak?”(7)
  • “Sepertinya aku nggak berguna banget, ya?”(7)
  • Menyampaikan secara langsung pemikirannya bahwa ia ingin mati atau bunuh diri, misalnya, “terkadang aku mikir mau mati aja.”(6)(7)(8)
  1. Kebiasaan (behavior)

Kebiasaan yang dilakukan dalam kesehariannya dapat menjadi sinyal kuat bahwa dia memiliki keinginan untuk bunuh diri dan sangat berelasi dengan perasaan tersakiti atau kehilangan:

  • Terlihat sedang mencari tahu beberapa metode untuk melakukan bunuh diri(6)
  • Mengisolasi diri dari lingkungan sekalius menarik diri dari segala aktivitas(6)(7)(8)
  • Durasi tidurnya bisa sangat banyak atau sangat sedikit(6)(8)
  • Merasa cemas, tidak tenang, atau bertindak sangat serampangan (ceroboh)(8)
  • Bersikap agresif dan sensitif seolah kehilangan kepercayaan dirinya dan takut akan dunia bahkan sekedar untuk membuka netra(7)
  • Melakukan self-harm atau melukai dirinya sendiri, sebab dengan cara itu menurutnya dapat menekan rasa sakit yang bersarang pada sudut hati(7)
  1. Mood

Mereka yang terbesit untuk melakukan bunuh diri, umumnya dihantui perasaan seperti ini:

  • Depresi(6)
  • Kecemasan(6)
  • Kehilangan minat pada apa pun, bahkan hobinya(6)
  • Mudah marah atau sedih tanpa sebab(6)
  • Untuk beberapa orang, terkadang mudah untuk mengalami mood-swing(8)

Sejatinya masih banyak tanda dan gejala yang ditunjukkan oleh mereka, akan tetapi penyampaiannya begitu halus bahkan hingga orang terdekatnya pun tidak menyadari bahwa bisa jadi hari ini adalah kali terakhir mereka menikmati tawanya. Hal yang perlu digarisbawahi adalah ketika kita berjumpa dengan mereka yang sekiranya terindikasi memiliki kecenderungan melakukan bunuh diri, cobalah bantu minimal tidak meremehkan apa pun alasan di balik itu semua. Jadlah teman pendengar yang tidak menghakimi seraya mencoba mengarahkan mereka untuk menghubungi yang ahli di bidang ini.

Sebagai tambahan, tulisan ini tidak dimaksudkan untuk mengarahkan kita melakukan self diagnosed. Namun, apabila ada yang merasa memiliki perasaan ingin bunuh diri baik setelah membaca tulisan ini atau tidak, sebagai tindakan pencegahan dini boleh banget untuk cerita ke Tim #ISmile4You melalui Official Account [email protected] kami (@ismile4you_org).

Karena kamu dan hidupmu yang sangat luar biasa itu terlalu berharga untuk diakhiri begitu saja. Terima kasih telah bertahan sejauh ini, kamu hebat!

Dan kamu berhak untuk bahagia. Cheers up!

Referensi

  1. Kementerian Kesehatan RI. 10 September, Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia [Internet]. 2014 [cited 2018 Aug 4]. Available from: http://www.depkes.go.id/article/view/201409170003/10-september-hari-pencegahan-bunuh-diri-sedunia.html
  2. WHO. Suicide Data [Internet]. Mental Health. 2015 [cited 2018 Aug 4]. Available from: http://www.who.int/mental_health/prevention/suicide/suicideprevent/en/
  3. Center of Disease Control and Prevention. Leading Causes of Death [Internet]. 2016 [cited 2018 Aug 4]. Available from: https://www.cdc.gov/nchs/fastats/leading-causes-of-death.htm
  4. Kementerian Kesehatan RI. Komunikasi dan Kepedulian antar anggota Keluarga Dibutuhkan untuk Cegah Kejadian Bunuh Diri [Internet]. 2016 [cited 2018 Aug 4]. Available from: http://www.depkes.go.id/article/view/16110400002/komunikasi-dan-kepedulian-antar-anggota-keluarga-dibutuhkan-untuk-cegah-kejadian-bunuh-diri-.html
  5. Puslitbang. Perilaku Berisiko Kesehatan pada Pelajar SMP dan SMA di Indonesia. Badan Litbangkes Kementrian Kesehat RI [Internet]. 2015;1–116. Available from: http://www.who.int/ncds/surveillance/gshs/GSHS_2015_Indonesia_Report_Bahasa.pdf?ua=1
  6. American Foundation for Suicide Prevention. Risk factor and Warning Sign [Internet]. [cited 2018 Aug 4]. Available from: https://afsp.org/about-suicide/risk-factors-and-warning-signs/
  7. Beyondblue. What are the warning signs? [Internet]. [cited 2018 Aug 4]. Available from: https://www.beyondblue.org.au/the-facts/suicide-prevention/worried-about-suicide/what-are-the-warning-signs
  8. Suicide Awareness Voices of Education. Warning Signs of Suicide [Internet]. [cited 2018 Aug 4]. Available from: https://save.org/about-suicide/warning-signs-risk-factors-protective-factors/

No Responses

Leave a Reply