Susah Fokus? Atasi Sekarang Juga!

Artikel:  Benelli Rahmania
Editor:  Fika Dian Nuranita
Design:  Winda Amelinda

Setiap orang pernah mengalami susah fokus. Entah itu saat melakukan pekerjaan, atau bahkan saat melakukan aktivitas sehari-hari. Sebenarnya mengapa kita bisa mengalami susah fokus? Menurut para ilmuwan dari Princeton University dan University of California yang diterbitkan dalam Jurnal Neuron, menunjukkan bahwa kesulitan untuk fokus terjadi karena banyaknya yang menjadi perhatian di lingkungan sekitar, sehingga perhatian kita menjadi teralihkan. Saat terjadi pengalihan, umumnya otak akan berhenti bekerja dan akan melihat sekeliling lingkungan untuk melihat apakah ada sesuatu yang lebih penting. Jika tidak maka fokus akan kembali ke apa yang kita kerjakan. Hal ini terjadi karena otak tidak dapat memproses semua yang ada di lingkungan sekitar kita.

Menurut Paola (2017) Ada 5 kebiasaan yang membuat kita untuk susah fokus
  1. Kelelahan

Karena otak butuh waktu untuk mengistirahatkan setelah seharian bekerja. Karena saat kita kelelahan maka kinerja otak akan menurun dan akan mengurangi fokus.

        2. Stress

Semakin tinggi tingkat stress yang dialami, maka semakin susah untuk fokus dan menyelesaikan pekerjaan yang dilakukan.

  1. Multitasking

Sebenarnya, melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu (multitasking) bukan hal yang baik. Karena ini menjadikan otak kesusahan untuk fokus karena terbagi. Semakin kita multitasking, maka kita akan membuat otak kita lelah dan semakin susah untuk fokus.

  1. Bosan dan Kurang Tantangan

Karena melakukan sesuatu yang itu-itu saja akan menstimulus otak untuk melakukannya secara otomatis dan otak akan mensugesti untuk menhemat waktu dan energi nya dengan mengatakan jika itu suatu rutinitas.

  1. Faktor Fisik

Gangguan fisik akan menyebabkan gangguan mental. Fokus akan lebih sulit jika kita sedang mengalami sakit (kondisi fisik atau mental yang menurun) seperti anemia, diabetes, depresi, atau kecemasan sekalipun. Akan memengaruhi fokus kita. Karena koneksi pikiran dan tubuh sangat berperan.

Lalu, bagaimana cara mencegah susah fokus yang dialami? Ada beberapa cara untuk mengembalikan fokus, diantaranya:

  1. Mendengarkan musik

Mendengarkan music mungkin memberikan sedikit gangguan bagi sebagian orang. Tapi menurut penelitian dari University Collage London, memberikan sedikit gangguan terutama music akan mengisi ‘slot’ dalam otak sehingga meminimalisir gangguan yang ada di lingkungan sekitar. Dan juga mendengarkan music bisa menjadikan boost concentration.

  1. Berkhayal

Menurut Paul Seli (Seorang psikolog di Harvard), memikirkan hal-hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan yang kita lakukan (berkhayal) akan menjadikan kita lebih fokus ketika kembali ke pekerjaan.

  1. Grab a cup of coffee

Menurut Journal of Alzheimer’s Disease menunjukkan kaitan antara kafein dengan fokus. Sehingga menjadikan kita untuk sulit teralihkan. Tetapi jika kita tidak menyukai kopi, kita bisa membuat coklat hangat (dark chocolate) karena mengandung sedikit kafein dan tinggi antioksidan sehingga akan membuat kita mudah untuk fokus terhadap pekerjaan.

  1. Ambil Waktu 1 Menit Untuk Menggambar (Doodle)

Menggambar secara random (doodle) dapat meningkatkan kesadaran. Sehingga itu menjadikan kita lebih mudah fokus.

  1. Meditasi

Meditasi yang dimaksudkan disini cukup mudah. Yaitu dengan duduk diam dan mengatur pernafasan sambil menghitung secara perlahan. Ini akan menjadikan pikiran menjadi tenang karena menghilangkan gangguan yang tidak penting dan membangun konsentrasi kita menjadi lebih baik

  1. Mengunyah Permen Karet

Menurut studi dari Cardiff University bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan tingkat fokus kita. Apalagi jika jenis permen karet yang kita kunyah mengandung mentol. Hal ini karena mentol dapat menenangkan pikiran dan mengurangi stress.

References

Bailey, P. (n.d.). Top Five Reasons Why People Have Difficulty Concentrating. Retrieved from Paola Bailey: https://blog.paolabailey.com/top-five-reasons-why-people-have-difficulty-concentrating

Leprince-Ringuet, D. (2018, August 22). Here’s scientific proof your brain was designed to be distracted. Retrieved from Wired: https://www.wired.co.uk/article/brain-distraction-procrastination-science

Rock, D. (2009, October 4). Your Brain At Work. Retrieved from Psychology Today: https://www.psychologytoday.com/us/blog/your-brain-work/200910/easily-distracted-why-its-hard-focus-and-what-do-about-it

Short, E. (2018, April 27). Struggling to focus at work? These tips could help. Retrieved from Silicon Republic: www.siliconrepublic.com/advice/focus-concentration-work

 

Leave a Reply