Close

15 April 2019

Apakah Insecurity Mempengerahui Produktivitas Kita?

Artikel: Ayustya Darmagalih 
Editor: Gabriella Santoso
Design: Danis Ariandi

“Dia cantik banget ya, putih, tinggi, langsing, pakai baju apa aja bagus. Sedangkan aku enggak, jadi malu ketemu orang.”

Kutipan tersebut merupakan salah satu contoh dari rasa insecure yang banyak dialami banyak orang, terutama anak muda, yaitu body insecurity. Kondisi saat ini, dimana mengikuti trend dianggap sebagai suatu keharusan, menyebabkan diri kita akan lebih mungkin merasa insecure karena kita berusaha mengikuti standar-standar yang ada. Jika tidak dapat mengikutinya, maka akan timbul pertanyaan di dalam diri, seperti “apakah diri ini cukup?” Adanya pikiran-pikiran negatif tersebut menyebabkan tekanan yang mempengaruhi diri kita, seperti menimbulkan rasa minder. Kali ini #ISmile4You akan membahas  pengaruh insecurity terhadap produktivitas anak muda. Apakah kamu pernah mengalami minder terhadap penampilanmu, sehingga mengurungkan niat untuk melakukan sesuatu? Jika ya, kamu sedang mengalami insecurity loh. Untuk tahu lebih lanjut simak terus artikel ini ya!

Pengertian Insecurity dan Produktivitas

Insecurity adalah rasa kurang aman (dan nyaman) akibat kurangnya percaya diri, insecurity ini sangat berkaitan dengan suatu pikiran negatif di dalam diri. Orang yang mengalami insecurity seringkali mempunyai pikiran negatif terhadap kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan teman sebaya, mencapai tujuan, atau menemukan penerimaan dan dukungan (GoodTherapy, 2016). Menurut KBBI, produktivitas mempunyai pengertian kemampuan untuk menghasilkan sesuatu. Produktivitas sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, seperti sekolah, kerja maupun interaksi dengan orang lain.

Pengaruh Insecurity terhadap Produktivitas Anak Muda

Insecurity mempunyai dua dimensi, yaitu dimensi personal dan dimensi sosial. Dimensi personal berkaitan dengan perasaan atau emosi seseorang yang menyangkut kurang percaya diri, rasa takut dan cemas. Sedangkan, dimensi sosial meliputi interaksi dan hubungan sosial, di dalam dimensi ini insecurity yang dirasakan adalah kesepian, kurang percaya kepada seseorang, ditolak atau didiskriminasi oleh orang lain (Vornanen, dkk, 2012).

Insecurity umumnya disebabkan oleh adanya dialog internal yang ada pada diri seseorang yang muncul akibat pengalaman atau perkataan negatif yang diterima seseorang. Hal tersebut dinyatakan oleh Dr. Lisa Firestone, yang ikut menulis buku Conquer Your Critical Inner Voice (PsychAlive, 2015) “Suara hati kritis terbentuk dari pengalaman kehidupan awal yang menyakitkan di mana kita menyaksikan atau mengalami sikap menyakitkan terhadap diri kita atau mereka yang dekat dengan kita. Ketika kita tumbuh dewasa, kita secara tidak sadar mengadopsi dan mengintegrasikan pola pemikiran destruktif ini kepada diri kita sendiri dan orang lain.” Adanya pengalaman menyakitkan tersebut menyebabkan seseorang akan merasa cemas dan takut akan adanya perkataan-perkataan atau reaksi negatif dari orang lain terhadap diri seseorang.

Insecurity menyebabkan produktivitas seseorang tidak optimal karena merasa takut terhadap suatu hal yang menyangkut kehidupan sehari-hari. Seseorang yang mengalami insecurity akan sulit untuk berinteraksi secara sehat, seperti menyebabkan seseorang sulit untuk berterus terang mengenai perasaan tentang aspek kehidupan, seperti sekolah atau pekerjaan (GoodTherapy, 2016). Misalnya saja, di sebuah pekerjaan seseorang memiliki kecemasan dan ketakutan berbicara mengenai kemampuannya, jika hal tersebut terjadi maka ia tidak akan bisa mendapat promosi karena tidak mampu untuk menunjukkan kemampuannya. Hal tersebut akan berlanjut kepada rasa insecurity lainnya, seperti kurang percaya diri karena merasa kemampuannya kurang. Selain itu, seseorang yang mengalami insecurity akan kesulitan untuk berhubungan dengan orang lain karena merasa terlalu cemas atau malu, sehingga menarik diri dan menyebabkan rasa kesepian.

Insecurity menimbulkan efek yang cukup besar bagi seseorang. Oleh karena itu, insecurity perlu diatasi. Menurut Cosmopolitan (2018) ada beberapa cara untuk mengatasi insecurity, diantaranya:

  1. Tulis Kata-Kata Positif

Saat kamu merasa insecure, tulislah kata-kata positif untuk membangkitkan semangatmu, seperti “Aku berharga, I am loved, I am amazing,” katakan dan ulangi terus. Itu akan membuatmu merasa lebih baik.

2. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang positif dan suportif

Semua orang perlu untuk memiliki teman yang mendukung, jika kamu dikelilingi oleh teman yang suportif, kamu dapat bercerita kepada temanmu saat kamu merasa insecure. Komunikasikan dan minta mereka mengingatkan hal positif yang kamu punya.

3. Berdamai dengan masa lalu

Menyesali dan menyalahkan masa lalu akan membuatmu semakin mengalami insecurity. Oleh karena itu, yang harus dilakukan adalah belajar dari masa lalu dan percaya bahwa kamu lebih kuat dari masa lalumu.

Insecurity dapat terjadi kepada siapa saja, hendaknya kamu selalu berfikir positif dan jangan jadikan perkataan negatif seseorang sebagai hambatan kamu. Selalu percaya bahwa kamu mampu untuk melaluinya dan buktikan kepada orang-orang bahwa perkataan negatif mereka tidak menghalangi kamu untuk tetap positif serta tidak membuat kamu takut untuk melakukan apa yang kamu inginkan. Selalu percaya bahwa kamu lebih kuat dari insecurity.

Referensi

Goodtherapy. (2016). Insecurity. Retrieved March 3, 2019 from https://www.goodtherapy.org/blog/psychpedia/insecurity

Hutapea, Y. (2018). Penyebab dan Cara Mengatasi Rasa Insecure. cosmopolitan.co.id. Retrieved March 3, 2019 from https://cosmopolitan.co.id/read/10/2018/14834/penyebab-dan-cara-mengatasi-rasa-insecure

Tim Penulis KBBI. (2016). Kbbi Edisi Ke-5. Retrieved Maret 3, 2019 From https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Produktivitas

Pscyhalive. (2015). How to Overcome Insecurity: Why Am I So Insecure? Retrieved Maret 3, 2019 from https://www.psychalive.org/how-to-overcome-insecurity/

Vornanen, R, dkk. (2012). The Conceptualising of Insecurity from the Perspective of Young People. Finlandia: Univeristas Helsinki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *